Links

Rabu, 04 November 2015

Jaman Dahulu itu Begini..




Sebuah malam yang tenang (lagi-lagi ini sungguh malam minggu, mblo), saya mengobrol dengan Pak Mamat dan Pak Dhe di emperan rumahnya. Topik obrolan kali ini adalah tentang bagaimana kehidupan mereka saat masih anak-anak. Tentunya beda generasi berbeda pula keadaannya. Misalnya, kalau anak-anak generasi 90-an mainannya adalah kelereng dan karet gelang, maka anak-anak hari ini mainannya sudah gadget paling mutakhir yang dipencetin dengan tiada bosannya.
“Wah, nek jaman dahulu itu beneran ngguyokne (menggelikan) Hed, Lah jaman saiki orang mau apa aja ibarate bisa keturutan. Tidak demikian pada jaman semono kuwi.” Pak Dhe berkata. Entah bermula dari mana tetapi mulai dari kata-kata ini yang saya ingat waktu itu.

“Jaman mbiyen (dahulu), yang namanya tipi itu cuma orang gedean yang punya, mau punya tipi ya jual sapi. Waktu masih anyar-anyarannya lagi, orang nonton tipi aja ada yang pake mbayar.. hahaha.. orang nonton tipi aja kayak nonton layar tancep, gedhe cilik, enom tuwek, anak putu, wah ramenya tidak patut wes..” Pak Dhe semangat melanjutkan diiringi derai tawa kami bertiga.
“Wah, kalo jaman saya kecil ya ndak separah itu lah Pak Dhe, heheh..” sahut saya.
“Jangankan tipi, jamanku cilik dulu, orang denger radio aja rame, pada heran, itu barang begitu kok bisa keluar suaranya, kok bisa mengeluarkan musik ndangdutan itu  gendangnya dimana.. hahah, oooalaah, jann…” Pak Mamat ikut menambahkan. Saya jadi tambah tergelak membayangkan orang jaman dahulu mengerubungi pesawat radio seperti benda yang jatuh dari ruang angkasa.
“Jaman dulu itu masih susah. Yang namanya wong ndeso itu kemana-kemana ya jalan kaki, sepeda yang punya dalam satu desa masih bisa dihitung jari. Apalagi sepeda motor dan mobil.  Wong kalau ada sepeda motor lewat itu ya asapnya diambungi (dicium) wangi katanya hahaha.. Kalau sedang musim mangga, dalam seminggu itu  ada satu dua  kali mobil pickup dari kota ke desa buat njemput mangga, desaku terkenal penghasil mangga waktu itu. Itu aku sama bocah-bocah cilik lainnya, rela jalan kaki berkilo-kilo keluar desa  buat nyegat mobil itu tadi, kalo udah datang kami lalu rame-rame nyegat buat ikut numpang kembali ke desa, cuma demi kepengen naik yang namanya mobil. Hahaha, edan tenan lah.” Pak Dhe bercerita penuh ekspresi, seakan semuanya masih jelas di depan matanya. Kami tak berhenti tertawa. Jaman dulu memang terasa menggelikan bagi jaman berikutnya.
“Di kampungku dulu lebih parah lagi. Kemana-mana ya memang wis mesthi jalan kaki. Kalau ada yang punya gawe dan nanggap wayang kulit misale, ya semua alat gamelannya digotong rame-rame gotong royong betapapun jauhnya. Yang menggotong tidak ada bayaran, dikasih makan sama minum kopi aja wis seneng ora patut, wong anu jaman mbiyen.. hahaha..”
“Terus kalau mau ada tontonan, kayak ada wayangan waktu tujuh belasan  gitu. Itu anak-anak muda, sehari sebelumnya sudah mengumpulkan rumput pakan ternak sampai setinggi gunung slamet, biar besoknya ndak usah mikirin cari rumput lagi. Biar puas agustusannya, wih,  hahaha..” Pak Dhe menambahkan.
Jaman memang terus berjalan sambil terus menelurkan segala teknologi barunya. Jaman dahulu saat telepon seluler masih menjadi benda langka, surat adalah andalan kita dalam berkomunikasi jarak jauh. Pengiriman surat bisa memakan waktu berminggu-minggu hingga sampai ke alamat tujuan. Jika isi surat yang dikirim adalah kabar tentang si pengirim yang sedang sakit, maka saat surat itu tiba di tangan si penerima, mungkin si sakit sudah sembuh jauh hari sebelumnya.
Beda jaman dahulu memang beda jaman ini. Setiap hadir teknologi baru, selalu diringi dengan keheranan dan kekaguman baru. Hadir pesawat terbang, orang heran bagaimana mungkin besi sebesar itu bisa terbang sambil dinaiki puluhan bahkan ratusan orang. Hadir televisi, orang heran bagaimana kok bisa ada orang duduk sambil membacakan berita di dalamnya. Ada telepon seluler, kita heran kok bisa ada telepon tapi tidak pakai kabel. Ada teknologi ponsel layar sentuh, orang heran, “lha ini gimana, sudah beli hape mahal-mahal kok malah tidak dikasih pencetan?” Kemudian ada saya yang jomblo, orang heran, “lah kok bisa? Orang cah bagus begini kok ndak punya picir?” Ezz karepmu lah.
Seandainya orang-orang yang hidupnya dahulu masih jauh sangat dari teknologi hari ini dibangunkan kembali dari kuburnya, kira-kira apa tanggapan mereka? Mereka mungkin akan menyangka semua benda modern yang kita gunakan hari ini adalah ulah para penyihir.
Sudah? Ya belum toh, nanti dikira saya suka mengejek orang-orang jaman dahulu yang tukang heranan  itu. Kita ini sejatinya ya sama heranan-nya dengan orang-orang jaman dahulu juga, tapi suka tidak merasa.
“Apa iya?”
“Iya..”
“Contohnya apa?”
“Ya itu tadi, lihat cah bagus seperti saya ndak punya picir aja heran.. :P”
“Hmmmm… Nggak asik..”

Salam..
Puja K, Pekanbaru 03 November 2015.
Comments
0 Comments
Facebook Comments by Media Blogger

Tidak ada komentar:

Posting Komentar