Links

Selasa, 08 Desember 2015

Cara Menghilangkan Warna Kuning pada Kaca Mika Headlamp Sepeda Motor




Selamat apa saja sobat jomblo sekalian. Melanjutkan topik soal sepeda motor, kali ini saya akan membagikan pengalaman saya tentang membersihkan kembali kaca mika headlamp sepeda motor.
Seperti yang telah saya sampaikan pada tulisan sebelumnya, bahwa saya akhirnya mengganti reflector atau sarang lampu depan sepeda motor saya. Setelah saya perhatikan lagi, ternyata penyebab dari nyala lampu motor ini kurang terang juga diakibatkan oleh menguningnya mika atau kaca lampu. Perangkat yang saya ganti hanya sarang lampu, untuk mika lampu saya masih pakai yang lama, yang sudah menguning warnanya. Karena headlamp yang saya dapat dari loakan itu sudah pecah mika lampunya, makanya murah. :D

Percaya atau tidak, mika lampu yang menguning sangat mempengaruhi terang atau tidaknya pancaran lampu ke jalan. Kuningnya mika dapat mengurangi intensitas cahaya lampu untuk sampai ke sasaran tembak.
Mika lampu menguning karena beberapa sebab. Seringnya karena usia yang sudah lama, oksidasi dari sinar matahari, dan oksidasi dari sinar dan panas bohlam lampu itu sendiri. Dalam kasus lampu motor saya, besar dugaan saya juga karena penggunaan lampu halogen yang sangat panas hingga melelehkan rumah lampu yang juga membikin mika lampu saya semakin parah menguning.
Baiklah, sekarang kita harus menyiapkan alat-alat dan bahan yang dibutuhkan:
·         Odol, pasta gigi putih berdeterjen
·         Obeng minus, besar dan kecil
·         Lem sealant bening, yang kecil aja, banyak di toko bangunan (Lem anti air yang biasa untuk kaca jendela). Lem setan/ lem besi tidak saya sarankan karena mika tidak bisa dilepas lagi bila suatu saat akan dibersihkan kembali.
·         Kain Lap Halus Kering, Kain mycro fiber (kanebo)
Odol
 
Obeng minus
Lem Sealant silikon bening

Tahapan pengerjaan:
1.      Bongkar dan lepas terlebih dahulu kaca mika dari reflector atau sarang lampu, hati-hati dan butuh kesabaran karena cukup sulit membongkarnya atau mika lampu Anda akan pecah. Haruskah dibongkar? Harus, karena lapisan yang menguning biasanya tidak hanya di luar saja tetapi juga di dalam karena paparan panas bohlam lampu. Bongkarlah dengan cara menyongkel perlahan dengan obeng minus tadi. Ada juga yang menyarankan supaya direndam dulu dengan air panas, tapi saya belum pernah mencoba.
2.      Setelah mika  terlepas, bersihkan debu dan kotoran yang menempel. Anda juga boleh membersihkan debu yang menempel pada reflector, tetapi harus hati-hati karena sifatnya sensitif dan mudah tergores. Gunakan kain halus jangan ditambahkan deterjen apapun.
3.      Setelah itu, oleskan odol atau pasta gigi putih seperlunya pada kaca mika. Ingat, kaca mika, yang transparan dan bukan reflector yang berkilauan itu (Siapa tahu lupa). Tuangkan sedikit air dan gosoklah perlahan menggunakan kain kanebo atau dengan tangan kosong juga bisa. Gosoklah dengan sangat lembut hingga merata luar dalam. Diamkan beberapa saat, kemudian bilaslah dengan air bersih. Kegiatan ini boleh diulangi dua atau tiga kali bila dirasa masih kurang bersih. Gampang kan.
4.      Gimana hasilnya? Bersih? Kalau sudah bersih, tiriskan dan campurkan dengan bumbu. Eheheh, itu bikin indomie goreng yak.
5.      Okeh, setelah kering kini saatnya memasang kembali mika lampu pada sarangnya. Aplikasikan lem sealant  pada tepian mika lampu yang akan berada di dalam sarang lampu, lem sealant ini berfungsi untuk merekatkan mika dan mencegah air masuk ke headlamp. Pastikan sambungan antara mika dan sarang lampu benar-benar rapat oleh sealant. Karena jika terkena air, bohlam lampu bisa rusak bahkan pecah akibat pertemuan suhu yang jauh berbeda. Lem sealant ini baru akan benar-benar kering setelah kurang lebih 10 jam. Lama memang, tapi tetap bisa langsung kita pasang kok, jadi tidak harus menunggu sampai kering.
Demikian lah tips membikin mika lampu sepeda motor yang menguning kembali kinclong seperti baru. Ini hasilnya pada mika lampu motor jupi saya. Monggo dilihat-lihat.
Sebelum dipoles (buram kekuningan)
 
Sesudah dipoles odol
Noda hitam bekas goresan ini sudah lama dan tidak hilang hanya dengan dicuci biasa
Sesudah dipoles, wow..

Salam,
Puja K. Pekanbaru, 08 Desember 2015

2 komentar: